Asal Usul Dan Misteri Sungai Mahakam

loading...


 Sungai Mahakam - merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam.

Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

Sungai terpanjang di Kalimantan Timur ini memiliki beberapa jembatan penghubung di antaranya:

1. Jembatan Mahakam terletak di kota Samarinda selesai dibangun pada 1987

2. Jembatan Kutai Kartanegara yang sebelumnya juga disebut Jembatan Mahakam 2, mulai dibangun pada 1997 dan selesai dibangun pada tahun 2001 menghubungkan kecamatan Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang di kabupaten Kutai Kartanegara

3. Jembatan Martadipura di desa Liang, kecamatan Kota Bangun, kabupaten Kutai Kartanegara yang dibangun mulai tahun 2001 dan selesai pada tahun 2004

4. Jembatan Mahakam Ulu yang selesai dibangun pada tahun 2008 menghubungkan kota Samarinda di bagian hulu, merupakan jembatan kedua di kota Samarinda

5. Jembatan Aji Tulur Jejangkat di Kabupaten Kutai Barat

6. Jembatan Mahkota II terletak di kota Samarinda, yang menguhubungkan Kelurahan Sungai Kapih dengan Kecamatan Palaran.

7. Jembatan kedua di kecamatan Kota Bangun.

Sungai Mahakam memiliki beberapa anak sungai, yaitu Sungai Belayan, Sungai Lawa, Sungai Kedang Kepala, Sungai Telen, dan Sungai Tenggarong. Tepian Sungai Mahakam dimanfaatkan oleh tidak hanya masyarakat Samarinda tapi juga wisatawan sebagai tempat untuk bersantai, khususnya pada sore hari.

Saat matahari akan terbenam, kawasan tepi sungai akan semakin ramai dikunjungi karena menikmati panorama senja di tepi Sungai Mahakam memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya dari tepi sungai, pengunjung juga bisa menikmati keeksotisan Sungai Mahakam dari beberapa rumah makan yang berada di ketinggian kawasan perbukitan.

Namun, di balik semua manfaat yang diberikan sungai ini ternyata ada desas-desus yang mengatakan bahwa Sungai Mahakam banyak menyimpan misteri. Diantaranya:

1. Tempat Berkembangnya Kerajaan Kutai

Pada bagian lembah sungai Mahakam, konon telah menjadi tempat berkembangnya kerajaan Kutai. Dahulu kabarnya terbagi dalam dua periode yaitu Kutai Martadipura tepat pada tahun 350-400, yang didirikan oleh Mulawarman dan Kutai Kartanegara sekitar tahun 1300, yang didirikan oleh pemukim dari Jawa.

2. Penampakan Sepasang Buaya Putih

Buaya putih sering dianggap sebagai siluman atau jelmaan mahluk gaib. Kehadiran buaya putih selalu dikaitkan dengan kisah-kisah mistis. Pun begitu di Sungai Mahakam, ada sepasang buaya putih yang kerap berjemur di tepi sungai. Sejumlah penumpang speedboat jurusan Mahakam Ulu – Kutai Barat pernah melihat sepasang buaya putih tersebut di Muara Kelian, salah satu anak Sungai Mahakam.

Akan tetapi, pada saat penumpang speedboat hendak mengambil potretnya, sepasang buaya putih tersebut segera masuk ke dalam air. Seolah buaya-buaya itu mengerti dan tidak mau diambil fotonya. Kemunculan sepasang buaya putih di Sungai Mahakam bukan hanya 1-2 kali saja, tetapi cukup sering.

Menurut beberapa catatan ilmu pengetahuan alam, buaya putih sebenarnya bukan mahluk misterius. Pasalnya, keberadaan buaya albino memang ada meskipun sangat jarang. Warna putih pada kulit buaya albino ini disebabkan oleh pigmentasi kulit yang tidak sempurna. Bahkan, ada juga buaya albino yang kelopak matanya pun berwarna putih.

3. Munculnya Naga Dipermukaan Sungai Mahakam

Dahulu pada tahun 1980, saat tengah malam muncul seekor Naga dipermukaan sungai Mahakam. Matanya terlihat sangat terang, dan besar sekali tubuhnya. Warga sekitar menjadi sangat panik,dengan adanya kejadian sepeperti itu. Namun keberadaannya dimana sekarang, masih belum diketahui dan masih sangat misterius.

4. Sering Menelan Kurban

Aura mistis di Sungai Mahakam semakin terasa kuat lantaran ada beberapa kejadian atau kecelakaan di sungai ini yang terus menelan korban jiwa. Sebagai sungai yang menjadi prasarana transportasi, tentu saja banyak kapal motor yang melintas di sungai ini. Namun, siapa sangka jika Sungai Mahakam banyak membuat kapal kecelakaan dengan menubruk kapal lain atau tenggelam.

Misteri Sungai Mahakam yang sering menelan korban jiwa ini sering dihubungkan dengan ulah penghuni sungai ini yang meminta tumbal. Pasalnya, korban yang tenggelam di Sungai Mahakam banyak yang tidak ditemukan jasadnya hingga saat ini. Meskipun jasadnya sudah dicari hingga berhari-hari, tapi tetap saja jasad tersebut tidak kunjung ditemukan.

Dari banyaknya kecelakaan yang pernah terjadi di Sungai Mahakan, insiden tenggelamnya Kapal Motor Karya Indah di perairan ini yang paling terkenal. Insiden ini terjadi pada tahun 2013. Bukan sekedar menewaskan 1-2 orang saja, insiden ini menewaskan hampir 23 penumpang kapal.

Nahkoda kapal yang selamat dinyatakan sebagai tersangka karena dianggap lalai dalam mengemudikan kapal dan tidak ada standar keamanan yang baik di dalam kapal.

5. Berkembang nya Mitos Minum Air Sungai Mahakam
Banyak hal yang sering dihubung-hubungkan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Sama halnya dengan Sungai Mahakam, sungai ini memiliki mitos yang cukup unik. Mitos tersebut menyebutkan bahwa barangsiapa yang meminum air Sungai Mahakam, maka mereka pasti kembali lagi ke sungai ini dalam waktu dekat.

Percaya atau tidak, banyak wisatawan yang tinggal di luar Kalimantan Timur pernah mengalami hal ini. Setelah minum air dari Sungai Mahakam, mereka akan kembali lagi dalam waktu beberapa jam, hari, minggu, atau bulan.

6. Misteri Arwah Penasaran Seorang Penyelam yang Gentayangan

Menurut kabar yang beredar di sungai Mahakam, ada penunggunya yaitu arwah penyelam yang gentayangan. Hal tersebut terjadi karena dulu para penyelam yang diterjunkan ke sungai tersebut untuk mencari korban yang tenggelam ke dasar sungai. Namun salah seorang penyelam tersebut ada yang tewas saat itu. Sehingga dia menjedi hantu, dan sering menampakan wujudnya kepada pengunjung disana.

7. Misteri Ular Raksasa

Misteri Sungai Mahakam selanjutnya yang beredar di masyarakat adalah keberadaan ular raksasa yang juga menjadi penghuni sungai ini. Bukan hanya seekor saja, tapi ada sepasang ular raksasa yang terlihat warga. Diameter ular tersebut kira-kira sekitar 60 cm dan panjangnya 40 meter.

Hewan langka ini tidak terlihat begitu jelas karena mereka melintas dengan sangat cepat. Namun, jika beruntung Anda bisa melihat sosok sepasang ular raksasa ini ketika sedang menaiki speedboat yang melintasi Sungai Mahakam.

8. Misteri Jembatan Kukar Yang Runtuh

Jembatatan Kukar membentang di atas sungai Mahakam. Letaknya tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan sekitar 710 meter. Telah lama menjadi sarana penghubung utama kota Samarinda ke kecamatan Tenggarong Seberang, kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Namun jembatan ini tiba-tiba ambruk, dan banyak korban hanyut ke dalam sungai itu.

9. Misteri Naga Mahakam

Sungai Mahakam, tidak pernah terlepas daripada naga. Naga ini sejak dulu kala selalu adalah dalam cerita, sehingga ceritanya menjadi sebuah legenda yang subur. Yang namanya legenda, pasti berada dalam dua sisi ini, antara benar dan tidak benar dan antara ada dan tiada.

Namun, cerita itu menjadi berbeda ketika di tahun 1980, saat tengah malam muncul seekor Naga di permukaan sungai Mahakam. Matanya terlihat sangat terang, dan besar sekali tubuhnya.

Warga sekitar menjadi sangat panik,dengan adanya kejadian sepeperti itu.
Banyak warga yang menyaksiaknnya, sehingga ia tidak lagi sekadar sebuah cerita dongeng atau sekadar legenda. Namun keberadaannya di mana sekarang, masih belum diketahui dan masih sangat misterius
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
January 13, 2019 at 9:58 PM delete

sangat menarik tentang sungai mahakam

Reply
avatar

Sejaraah Lengkap Kerajaan Kediri dari Awal Masa Berdirinya hingga Penyebab Runtuhnya Serta Peninggalannya

  Berdirinya Kerajaan Kediri diawali dengan putusan Raja Airlangga selaku pemimpin dari Kerajaan Mataram Kuno yang terakhir. Dia membag...