9 Usaha Sampingan Yang Mengasilkan Uang Melimpah Apabila Ditekuni

loading...


 Di zaman sekarang ini mencari uang bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan usaha, kerja keras, dan pengorbanan untuk mendapat beberapa lembar rupiah demi mencukupi kebutuhan hidup. Padahal, kalau kita lebih cermat, apa pun yang kita kerjakan sebenarnya bisa menghasilkan uang. Apalagi kalau kita mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan baik.

Peluang kerja yang bisa dilakukan di rumah dan sangat potensial dapat menghasilkan uang sesungguhnya sangat banyak sekali ragamnya, hanya tinggal bagaimana anda menemukan potensi diri sendiri terlebih dahulu untuk dapat memulainya.

Apapun jenis pekerjaanya, dengan tolak ukur gaji karyawan yang standart UMK sebenarnya bukan sebuah jangkauan yang sulit untuk memperoleh pendapatan sebesar itu, meskipun hanya dengan berkerja dirumah.

Berikut adalah beberapa usaha yg menghasilkan uang yang tidak sedikit:

1. Online Shop

Online shop merupakan salah satu bisnis yang sekarang sedang hits dan digandrungi banyak kalangan. Dari anak muda, mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran banyak yang menekuni bisnis ini. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi sekarang ini bisnis ini menjadi bisnis yang memiliki ada potensi dan dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang relatif cepat. Bahkan setiap harinya anda bisa memperoleh pendapatan melalui bisnis yang satu ini.

Ada banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk bisa menjalankam bisnis ini. Mulai dari sistem dropshiper jika terkendala modal, atau anda bisa sekaligus membuka toko offline dan melakukan pemasaran melalui toko online. Semua produk bisa anda jual, namun pastikan bahwa produk anda memiliki permintaan yang tinggi dipasaran seperti cara berbisnis pakaian agar sukses . Dengan begitu maka kesempatan anda mendapatkan uang lebih cepat semakin besar.

2. Menjahit Pakaian

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar Anda. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda.

3. Membuka Angkringan atau Warung Kopi di Malam Hari

Warung kopi adalah sebuah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah cafe. Mengapa malam hari? Jika memang anggaran dan tenaganya terbatas, maka paling baik buka di malam hari saja, mengingat kebanyakan orang memiliki jam kerja dari pagi hingga sore. Dengan begitu, malam hari adalah waktu yang tepat karena Anda dapat memantau usaha sampingan tersebut. Selain itu, waktu yang tepat untuk 'ngopi' biasanya pada malam hari. Usaha ini sangat cocok bila lokasi usaha terletak di sekitar kampus atau kawasan industri.

Untuk usaha ini Anda bisa memulainya dengan modal Rp10 juta sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain. Angka tersebut juga sudah termasuk untuk menyewa tempat apabila rumah tidak bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. Penghasilan dari usaha ini juga bisa ditambah dengan menjual gorengan, rokok, mi instan atau minuman lainnya.

4. Menjadi Reseller

Reseller dan seller merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda. Reseller lebih mengarah ke menjual kembali suatu produk yang didapat dari seller. Dengan kata lain, reseller adalah perantara yang menjual barang dari seller ke konsumen. Para reseller berhak mendapat harga yang lebih murah dari para penjual. Selisih harga jual ini diakui sebagai keuntungan bagi reseller.

Jumlah pendapatan seorang reseller  tergantung dari jumlah barang yang berhasil dijual kepada masyarakat. Semakin banyak barang terjual, semakin besar pendapatan. Bagi Anda yang hobi di bidang marketing dan tahu cara memikat hati para konsumen, tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan yang satu ini.

5. Menjual Aneka Kue

Apabila Anda menyukai atau memiliki hobi memasak kue, maka ide berikut adalah ide yang sempurna buat Anda. Pasalnya, Anda bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang Anda gemari tersebut. Setelah seharian bekerja, kemudian sore harinya setelah pulang dari kantor, Anda bisa menyalurkan hobi membuat kue itu, yang mana bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga sekitar tempat tinggal. Pastinya menyenangkan jika setiap sore bisa melakukan hobi serta mendapatkan penghasilan pula.

Kue yang dijual bisa dalam bentuk kue basah seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur. Kue kering pun juga tak kalah banyak, misalnya walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat. Untuk variasi resep, situs bacaresepdulu.com bisa dijadikan referensi.

Tidak perlu modal besar untuk menjual aneka kue ini. Modal yang diperlukan paling hanya berkisar Rp10 juta selama satu bulan pertama, dengan rincian Rp9 juta untuk bahan baku (Rp300 ribu x 30 hari), Rp300 ribu untuk biaya gas, dan Rp250 ribu untuk biaya listrik dan air. Tempat usaha adalah dapur Anda sendiri tentunya.

6. Jadi Blogger

Menjadi Bloger atau yg paling populer disebut dengan istilah ngeblog atau berbagi tulisan melalui sebuah media web blog seperti yang sedang anda baca sekarang ini adalah sebuah blog yang dibuat oleh seorang blogger.

Ngeblog bisa dibilang sebuah pekerjaan yang nyaris bisa dilakukan dengan modal sangat minim serta sangat mungkin sekali dikerjakan dirumah bahkan sambil tiduran, nonton TV atau sambil jalan jalan.

Seorang blogger bisa sukses apabila tulisan mereka dapat memberikan manfaat bagi pembaca sehingga dapat menduduki rangking terbaik pada hasil pencarian mesin seperti google dan bing.

Dari mana penghasilan seorang blogger bisa bersumber dari banyak jalur diantaranya adalah:

Iklan yang tampil di halaman webnya
Menjual atau menawarkan produk
Menjual blog itu sendiri
Berapa penghasilan seorang blogger tergantung dari seberapa populer blog yang dikelolanya. Misalkan saja sebuah blog dengan pembaca 5000 orang perhari, maka rata rata dapat memperoleh penghasilan minimal Rp 50ribu setiap harinya atau jika dijual bisa laku sampai Rp 5 juta untuk satu blognya.

7. Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumah anda.

Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa anda tentukan berdasar pasaran biaya les di lokasi Anda.

8. Menjadi Selebgram

Di zaman serba canggih sekarang ini pengguna medsos semakin banyak. Menjadi seorang selebgram mungkn usaha yg pas untuk sekarang ini. Jumlah pengikut yang dimiliki seseorang di media sosial semisal Instagram, ternyata bisa menjadikan seseorang sebagai salah satu selebgram sukses. Kalau dibandingkan dengan para blogger dan YouTuber, menjadi selebgram jauh lebih mudah.

Hanya dengan bermodal followers yang banyak, para toko online siap menggunakan jasa Anda untuk memasarkan produk yang mereka punya. Seorang selebgram yang sukses bisa mendapat penghasilan mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk satu kali endorse. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?

9. Desainer

Seorang desainer bekerja membuat sebuah desain atau rancangan sampai hasil dari ide ide tersebut menjadi materi yang dapat dujual dan menghasilkan uang.

Ada beragam profesi desainer yang didunia ini selalu dibutuhkan, bahkan banyak sekali perusahaan atau perorangan yang sangat bergantung dari jasa seorang desainer.

Semoga beberapa tulisan diatas bisa membantu anda yg sedang mencari pekerjaan. Yang perlu anda ingat cuma satu anda harus mempunyai tekad yg kuat dan tak mudah menyerah. USAHA TIDAK PERNAH MENGHIANATI HASIL, MAKA JANGAN PERNAH MENYERAH.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Sejaraah Lengkap Kerajaan Kediri dari Awal Masa Berdirinya hingga Penyebab Runtuhnya Serta Peninggalannya

  Berdirinya Kerajaan Kediri diawali dengan putusan Raja Airlangga selaku pemimpin dari Kerajaan Mataram Kuno yang terakhir. Dia membag...