Latar Belakang Dan Penyebab Terjadinya Bandung Lautan Api Serta Dampaknya

loading...


 Bandung Lautan Api adalah sebuah situasi di mana para pejuang kemerdekaan Indonesia di Bandung membakar kota Bandung demi upaya untuk mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada bulan Maret 1946. Pembakaran kota Bandung dilakukan oleh masyarakat sebagai respon perintah dari pihak Sekutu yang menyuruh masyarakat agar mengosongkan kota Bandung. Pembakaran dilakukan oleh sekitar 200 ribu masyarakat, dalam waktu 7 jam. Mereka membakar harta benda dan rumah, selanjutnya pergi meninggalkan kota Bandung.


- Latar Belakang Bandung Lautan Api

Tentara Sekutu memasuki Bandung pada tanggal 17 Oktober 1945 yang dipimpin Jendral Hawtorn. Kedatangan sekutu diboncengi oleh NICA yang dipimpin Kapten Gray. Untuk memperlancar pasukan Sekutu memasuki Bandung, tentara Jepang melakukan pembersihan kota.

Pada tanggal 21 November 1945, sekutu mengeluarkan ultimatum agar rakyat bandung mengosongkan Bandung bagian utara selambat-lambatnya tanggal 29 November 1945. Akan tetapi, ultimatum tersebut ditolak rakyat di Bandung. Akibatnya, terjadi pertempuran besar dan kecil di beberapa tempat di Bandung.

Untuk meredakan ketegangan maka diadakan perundingan antara Republik Indonesia dengan Sekutu pada tanggal 25 November 1945. Hasilnya, kota bandung dibagi nmenjadi dua wilayah dengan batas jalan kereta api, yaitu wilayah utara di bawah penguasaan Sekutu dan wilayah selatan di bawah penguasaan Indonesia. Pada tanggal 7 Januari 1946, Tentara Keamanan Rakyat diganti menjadi Tentara Keselamatan Rakyat (TKR). Kemudian pada tanggal 26 Januari 1946, TKR berubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Pada tanggal 23 Maret 1946, Sekutu mengeluarkan ultimatum kembali yang isinya agar rakyat dan para pejuang mengosongkan Bandung bagian Selatan. Atas perintah pemerintah Indonesia maka bandung bagian Selatan dikosongkan. Pada tanggal 24 Maret 1946, dengan berat hati rakyat dan TRI meninggalkan Kota Bandung bagian Selatan.

Rakyat dan TRI kemudian membumihanguskan seluruh wilayah Bandung bagian selatan. Benteng NICA di Dayeuh Kolot dikepung dan diserang oleh para pejuang Bandung. Dalam peristiwa tersebut, seorang pemuda yang bernama Mohammad Toha mengorbankan diri dengan membawa alat peledak untuk menghancurkan gudang mesiu milik NICA.


- Penyebab Terjadinya Bandung Lautan Api


Bandung Lautan Api terjadi karena datang nya pasukan dari negara Inggris mulai memasuki kota Bandung pada pertengahan bulan Oktober 1945. Di kota kembang pasukan Inggris dan NICA melakukan teror terhadap rakyat sehingga mengakibatkan terjadinya pertempuran.

Memasuki bulan November 1945, pasukan NICA semakin membabi buta di Bandung. Setelah masuknya tentara Inggris yang berasal dari satuan NICA memanfaatkannya untuk mengembalikan kekuasaannya yang sempat hilang atas kota Bandung. Hal ini menyebabkan semangat juang rakyat dan pemuda pemudi yang tergabung dalam TKR dan kelompok perjuangan lainnya semakin berkobar untuk melalukan perlawanan .

Mulai pertempuran skala besar dan kecil terus berlangsung di Bandung. bencana lain yang datang juga terjadi yaitu dengan jebolnya bendungan Sungai Cikapundung yang mengakibatkan dampak bencana banjir besar di kota Bandung. Peristiwa itu terjadi pada malam hari tanggal 25 November 1945. ketika itu kota Bandung dibagi menjadi dua, yakni:

+ Pasukan Sekutu menduduki daerah Bandung Utara
+ Dan Bandung Selatan menjadi daerah Republik Indonesia

Latar belakang bencana Jebolnya tanggul sungai itu dikaitkan dengan aksi teror yang dilakukan oleh NICA sehingga menimbulkan amarah rakyat dan Para pahlawana bandung lautan api melakukan pembalasan

Sesuai dengan kebijakan politik diplomasi pihak Indonesia mengosongkan daerah Bandung Utara tetapi karena pihak Sekutu menuntut pengosongan sejauh 11 kilometer dari Bandung Selatan, akibatnya ber dampak meletusnya pertempuran dan aksi bumi hangus di segala penjuru kota

Kota Bandung terbakar hebat di mulai dari batas timur Cicadas sampai dengan batas barat Andir. di perkirakan 1.000.000 jiwa penduduk kota Bandung mengungsikan diri ke luar kota. Pada tanggal 23 dan 24 Maret 1946 para penduduk meninggalkan kota Bandung yang telah berubah menjadi lautan api.


- Dampak Setelah Peristiwa Bandung Lautan Api


Dampak positif peristiwa Bandung Lautan Api di antaranya, pertama, adanya kekompakan antara pemerintah sipil, TRI dan rakyat dalam melakukan pengungsian dan pembumihangusan. Kekompakan ini bukti dari adanya supremasi pemerintahan sipil, prinsip yang dipegang negara demokrasi. PM Sjahrir menggunakan peristiwa BLA sebagai alat tawar dengan Sekutu-Inggris dalam usaha memperoleh konsesi politik, yaitu pengakuan RI secara de facto.

Dampak negatifnya adalah peristiwa Bandung Lautan Api ini memberikan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat Bandung, karena kerusakan infrastruktur yang terjadi akibat peristiwa itu. Oleh karena rumah rakyat sipil juga terbakar sehingga menyebabkan kerugian bagi rakyat.


Dua tahun setelah terjadinya aksi heroik dari para pejuang Indonesia yang kemudian dikenang sebagai peristiwa Bandoeng Laoetan Api, tepatnya pada tahun 1948, tentara sekutu yakni Belanda berhasil menguasai Bandung pasca dibuatnya Perjanjian Renville pada 17 Januari 1948.

Pada perjanjian ini, Belanda memaksa pemerintah Republik Indonesia untuk mengosongkan daerah Jawa Baratdari seluruh pasukan Republik Indonesia. Peristiwa ini menyusul kegagalan  Agresi Militer yang dialami oleh pejuang Indonesia pada tanggal 20 Juli sampai 4 Agustus 1947.

Bukan penjajah namanya jika tidak memiliki sifat culas dan curang. Gencatan senjata yang disepakati antara Indonesia dan Belanda dilanggar oleh pasukan Belanda yang terus melakukan aksi penyerangan untuk memporakporandakan basis kekuatan dari tentara Indonesia.

Upaya penggempuran ini dilakukan lebih dari enam bulan lamanya. Akibatnya, pasukan Indonesia dari Divisi Siliwangi akhirnya harus pindah ke Jawa Tengah terhitung mulai awal sampai pertengahan Februari 1948.


loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Sejaraah Lengkap Kerajaan Kediri dari Awal Masa Berdirinya hingga Penyebab Runtuhnya Serta Peninggalannya

  Berdirinya Kerajaan Kediri diawali dengan putusan Raja Airlangga selaku pemimpin dari Kerajaan Mataram Kuno yang terakhir. Dia membag...